lip

Vitamin D Perpanjang Hidup Penderita Kanker

Kalsium diperlukan untuk banyak hal, diantaranya adalah membangun dan memperbaiki tulang dan gigi, membantu kinerja otot, pembekuan darah, membantu kinerja jantung, dan membantu kinerja Kong4D saraf. Dilansir Healthline, vitamin D dikenal dapat meningkatkan fungsi imun, termasuk sel T dan makrofag. Salah satu caranya yakni dengan mencukupi asupan vitamin D setiap hari.

Fungsi dari vitamin D

Produksi vitamin D bisa dirangsang dengan mengajak anak rutin berjemur. Jadwalnya dari matahari terbit hingga sebelum jam 9.00 pagi dan sore hari jam 15.00 hingga matahari terbenam. Durasi yang dianjurkan yaitu maksimal 15 menit sebanyak 2-3 kali seminggu. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini murah serta mudah ditemukan, dan dalam setiap 100 gram tempe maupun tahu mengandung 26% vitamin D yang baik untuk menunjang kebutuhan harian kamu.

Sedangkan kebutuhan vitamin D per hari orang lanjut usia di atas 70 tahun sebesar 800 IU. Vitamin ini mendampingi pembentukan sel-sel baru dan memecah asam lemak serta asam amino. Vitamin B12 pula yang melindungi sel saraf, membentuk sel darah merah dan DNA.

Ketika kulit terpapar sinar matahari, vitamin D yang dihasilkan akan dikirmkan ke organ hati. Sedangkan vitamin D yang diperoleh dari makanan maupun suplemen akan diserap di usus lalu dikirimkan juga ke hati. Di hati, vitamin D ini akan dibentuk menjadi suatu senyawa yang disebut 25 D. Selanjutnya, senyawa ini akan menuju ke ginjal untuk diaktifkan dan dikirimkan ke jaringan-jaringan tubuh yang membutuhkan. Setelah menopause, kebanyakan wanita mengalami kenaikan berat badan sampai mereka mencapai usia 60-an. Ada bukti bahwa mengkonsumsi vitamin D dan suplemen kalsium dapat memperlambat penambahan berat badan itu.

Kalsium membutuhkan “mitra kerja” yaitu vitamin D yang dapat membantunya agar terserap sempurna di dalam tubuh sehingga dapat berguna secara maksimal untuk mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang. Tanpa vitamin D, hanya 10-15% dari kalsium yang kita konsumsi akan diserap. Bila jumlah kalsium yang diserap tidak mencukupi, maka tubuh pun akan mengambil kalsium yang ada di dalam tulang dan dapat menyebabkan kehilangan massa tulang hingga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Dengan demikian, vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang akan tercapai apabila asupan kalsium kita juga terpenuhi. Setiap ikan bertulang, termasuk sarden atau salmon kalengan, merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium sehingga akan menunjang fungsi vitamin D untuk tujuan ini. Kesadaran akan pentingnya manfaat dari vitamin D untuk anak perlu ditingkatkan.

Kalsium berperan penting untuk menyusun dan memperkuat jaringan gigi dari dalam. Terkait pengawasan produk, khususnya suplemen kesehatan, Badan POM bertanggung jawab melindungi masyarakat terhadap dari penggunaan produk ilegal dan tidak memenuhi ketentuan. Untuk vitamin E, pada orang yang mengonsumsinya akan terdapat manfaat produksi antibodi. Vitamin yang juga dikenal memberikan manfaat antioksidan ini juga turut membantu tubuh mempertahankan integritas membran sel, meningkatkan aktivitas makrofag, sel NK, serta meningkatkan proliferasi sel limfosit T.

Mengutip Halodoc, berjemur ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh saja. Seseorang yang memiliki sistem imunitas yang rendah akan memiliki risiko yang lebih tinggi terpapar virus. Cara terbaik untuk memanfaatkan sinar matahari pagi adalah dengan berjemur. NIH merekomendasikan, orang dewasa yang sehat berusaha untuk mendapatkan 15 mikrogram vitamin D sehari. Sementara wanita dapat mengonsumsi 75 miligram vitamin C, dan pria menargetkan 90 miligram vitamin C sehari.