Tips agar anak mau makan

Ideas Psikolog Bicara Menstruasi Pada Anak Perempuan

Dengan membentak, anak tidak akan mengerti maksud orang tua, justru hal itu menjadikan orang tua lelah dan energi terbuang. Di lain sisi, membentak juga merusak hubungan orang tua dan anak. Dian mengatakan, anak-anak yang dibesarkan dengan kekerasan kemungkinan besar akan tumbuh menjadi orang tua pelaku kekerasan pula.

Tips lain yang bisa dipakai supaya anak nurut dengan perintah orang tua adalah dengan menggunakan bahasa yang lembut saat memberi nasehat. Bahasa yang tenang, lembut, dan tidak disertai teriakan akan membuat anak lebih nyaman. Terlebih jika Ibu menambahkan teknik sentuhan saat berbicara dengan anak, anak akan merasa dihargai. Ketika anak menolak perkataan atau perintah orang tua, terkadang orang tua menjadi gemas, marah, bahkan berteriak.

Dari diskusi, kita akan tahu apa yang menjadi masalah dan akan mendapatkan solusi sebagai jalan keluar. Jangan menghakimi, tuntun si Kecil untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Penyebab anak tidak mau mendengar orang tua juga berkaitan dengan masalah private. Jika dari awal relasinya tidak baik, maka anak enggan mendengarkan dan mengiyakan ucapan orang tua. Pola komunikasi yang buruk antara orang tua dan anak menjadi faktor yang tak boleh dilupakan, menurut Gracia Ivonika, M. Psi., Psikolog.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Misalnya, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni, olahraga, atau musik. Anak-anak yang sering terpapar kata-kata negatif akan terus menyimpan di dalam alam bawah sadar. Hindari berkata “jangan” tetapi sebaliknya berikan anak pengucapan yang bermakna lebih positif. Orangtua sering mengomel dan berkata “jangan merokok, jangan pakai narkoba”. Topik-topik ini sangat sensitif dan membuat anak tidak nyaman untuk berbicara. Di satu sisi, mereka sedang sibuk dengan urusannya, entah belajar, bermain game, dan lain-lain.

Maka, selalu sabar dan jangan mudah membentak atau menaikkan nada suara saat berbicara dengan si kecil. Jika anak mengalami hari yang berat atau telah mengalami tantangan dan frustrasi, menambahkan banyak perintah atau instruksi mungkin terasa terlalu berat untuk mereka tangani. Ketika diucapkan dengan hormat dan dengan perasaan empati, seorang anak lebih cenderung bekerja sama dengan instruksi. Ini bisa membuat kita frustasi dan bahkan bisa membuat kita emosi sehingga berperilaku buruk terhadap anak, seperti membentak atau berbicara dengan nada tinggi. Cobalah berada di dekatnya dan beritahu bahwa Anda hanya akan menyampaikan perintah satu kali dan ia harus memahami akibatnya jika tidak memberi respon atau melakukan yang diminta. Anak pun akan memahami bahwa setiap perkataan Moms harus jadi prioritas baginya.

Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Alih-alih mengomel, berteriak, atau membentak agar si Kecil mau mendengar nasihat Anda. Sebaiknya kita sebagai orang tua mesti menjalin komunikasi yang baik dengan anak.

Namun, jika kita terlalu banyak memberi perintah, peringatan atau instruksi, anak bisa saja menganggap kita sedang tidak serius. Kadang-kadang anak-anak menolak untuk mendengarkan ketika diberi perintah oleh orang tua. Perilaku mengabaikan perintah orangtua itu juga menjadi cara anak untuk menghadapi tekanan baru dan tanggung jawab. Banyak orangtua yang gemas dengan perilaku tidak kooperatif anak-anak mereka yang sudah mulai besar. Walau sudah diajak bicara dengan nada lembut, mereka seolah mengabaikan, bahkan menentang untuk melakukan.