Tips agar anak mau makan

Artikel Kesehatan Gigi By Drg Bebby

Bisa juga memberikan anak cermin untuk melihat keadaan giginya, apabila ada giginya yang berlubang anak akan jauh lebih aware jika ia melihat langsung pada cermin. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Diskusi daring “Live Talk” tersebut diselenggarakan oleh Seemore Event Organizer, yang berbasis di Bandung dan Jabodetabek. Organisasi ini didirikan oleh para lulusan baru universitas yang bertujuan untuk berbagi wawasan kepada masyarakat tanpa harus menghadiri diskusi secara fisik untuk mendukung gerakan #dirumahaja. Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan analysis medis.

Gigi yang bersih dan tidak berlubang akan membuat penampilan anak semakin menarik. Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Membangunkan anak sahur di bulan puasa memang jadi tantangan tersendiri.

Maka dari itu, Mums dan Dads harus membiasakan anak untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi sejak usia dini. Menjaga kebersihan mulut merupakan garis pertahanan utama terhadap berbagai masalah yang biasa terjadi pada gigi, seperti plak, kerusakan gigi, penyakit gusi, dan juga halitosis. Menggosok gigi minimal dua kali sehari adalah salah satu perawatan penting untuk menjaga kesehatan gigi. Anda bisa memberikan contoh pada anak Anda sehingga dia bisa mengikuti kebiasaan baik yang Anda lakukan. Biasakan anak untuk menggosok giginya di pagi dan malam hari setelah makan malam.

Gunakan sikat gigi dengan bulu halus dan berukuran kecil sesuai dengan mulut anak. Sebelum gigi si kecil benar-benar tumbuh, Ibu disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Cukup dengan menggunakan kain yang lembut, kemudian basahkan dengan air yang hangat, lalu gosok gusi bayi perlahan-lahan. “Kecuali, untuk kasus darurat yang perlu tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan mencegah kecacatan lebih lanjut,” ujarnya. Dikatakan, dalam masa ini perlu dilaksanakan upaya pencegahan berupa intervensi edukasi kesehatan gigi dan mulut yang komprehensif dan memadai secara jarak jauh atau yang disebut dengan istilah telemedicine.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

K.G.A mengatakan bahwa usahakan agar anak bisa lepas dari botol dot sebelum usia 4 tahun. Timesnownews.com merekomendasikan lemon untuk mengobati sakit gigi. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon mampu meredakan rasa sakit. Dengan begitu, aktivitas yang Anda jalankan pun bisa berlangsung seperti biasa.

Parahnya, sampai ada yang tidak bisa tidur jika botol dot terlepas dari mulutnya. Antimikroba yang terdapat dalam daun jambu biji bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, lo. Anda bisa mengunyah daun jambu biji yang sudah dicuci secara langsung.

Anda juga harus memiliki sikat gigi dengan ukuran yang sesuai untuk anak. Pastikan juga agar sikat gigi selalu diganti tiap tiga bulan sekali. Sementara jika anak sudah sering mengeluhkan sakit gigi hingga menyebabkan aktivitas sehari-harinya terganggu, ini artinya kerusakan gigi yang dialami anak sudah tahap lanjut.