Tips agar anak mau makan

6 Ideas Bantu Anak Patuh Pada Aturan Dan Rutinitas

Selain itu, tatapan mata akan membuat anak merasa dipedulikan dan diperhatikan. Untuk itu, jangan lupa tatap mata anak dan letakan tangan anda dibahunya sewaktu anda ingin memberikan perintah pada mereka. Sewaktu anda memberikan perintah dan anak-anak terlihat malas melakukannya, jangan terlalu dini menghakimi bahwa anak anda malas dan sulit diberikan perintah. Kondisikan terlebih dahulu dengan waktu anak, apakah kala itu anda memberikan perintah saat anak baru saja pulang sekolah, pulang les atau saat anak lelah pulang bermain. Hal ini tentu saja akan menguras tenaga anak sewaktu anda memberikan perintah.

Oleh sebabnya, Anda jangan sampai salah dalam mendidik maupun memberikan contoh-contoh bagi putra-putri Anda. Selain agar patuh pada aturan, disiplin juga akan membuat anak belajar menghargai orang lain dan mengontrol dorongan dalam dirinya. Namun, orangtua hendaknya juga perlu membuat batasan-batasan yang dilandasi cinta agar anak merasa aman. Sebuah tatapan mata memiliki kekuatan untuk menunjukkan sebuah perasaan. Ketika orangtua menatap mata anaknya, maka mereka akan melihat bahwa kita memberikan perhatian, bukannya amarah dan perintah yang m endikte mereka.

Bersikap tegas merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan pada waktu dan tempat yang tepat, dengan tetap menghargai perasaan anak. Nah, seperti apa ya cara menghukum anak yang benar dan mendidik agar mereka dapat memahami kesalahannya? Yuk, simak 10 cara “menghukum” anak agar mereka memahami kesalahannya. Anak yang berperilaku menyimpang di sekolah, sering berhulu dari sikap dan tingkah laku terhadap orangtuanya di rumah. Anak yang tidak patuh pada orangtuanya sendiri di rumah, boleh jadi akan sulitmematuhi gurudan peraturan di sekolah.

Terapkan aturan ini meski sedang berada di luar, dan beritahu pula orang lain yang berhubungan dengan anak mengenai aturan ini. Sementara kebiasaan menakuti anak hanya akan meninggalkan bekas dalam benaknya dan bisa jadi membuatnya trauma, bahkan mematikan kreativitas anak. Anak yang sering ditakuti juga akan tumbuh menjadi anak yang penakut. Jangan kaget ya, Bu, kalau si Kecil mulai memiliki keinginan sendiri. Oleh karenanya Ibu bisa mengajak si Kecil berdiskusi dan meminta pendapatnya dengan cara yang benar. Dengan cara ini ia akan dapat belajar untuk memahami proses sebab akibat.

Orang tua yang dapat selalu hadir dan membersamai anak merupakan orang tua yang didambakan oleh anak. Oleh karena itu, hindari distraksi gadget atau televisi saat bermain dengan anak. Jika anak merasa nyaman dengan orang tua dan lingkungan yang tercipta, maka anak akan cenderung lebih patuh terhadap perintah orang tua. Apabila Anda berekspektasi si Kecil untuk memiliki perilaku tertentu, lakukan terlebih dulu perilaku tersebut. Anak-anak akan lebih mudah belajar dengan melihat kebiasaan atau perilaku yang dilakukan orang tua. Pertumbuhan seorang anak dipengaruhi oleh gen-gen yang diwarisi dari orangtua mereka dan juga pengaruh dari luar selama mereka berumbuh dan berkembang.

Cara agar anak patuh

Melansir laman NU Online, pendiri pesantren yang terletak di Yogyakarta ini membagikan doa untuk orang tua amalkan. Ikutilah dengan konsekuensi untuk menunjukkan bahwa kamu bersungguh-sungguh dengan apa yang kamu katakan sebagai orangtua. Disiplin yang konsisten menjadi kunci membuat anak mengubah perilakunya dan menjadi patuh. Berteriak dan marah akan lebih mungkin diminimalisir ika aturan yang dibuat di rumah cukup jelas. Tetap tulis aturan di dalam rumah secara jelas dan dipajang di tempat yang mudah terlihat.

Kita sebagai orang tua, maka sikap juga perilaku kita pastinya menjadi contoh untuk anak-anak. Jika bunda menginginkan anak yang bisa bersikap sopan, memiliki tutur kata yang baik, maka setidaknya kita juga harus senantiasa bersikap seperti itu, agar anak kita bisa mencontoh apa yang kita lakukan. Oleh karena itu, agar bisa memiliki anak yang sesuai kriteria yang disebutkan, maka sudah sepenuhnya tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak sedini mungkin. Tunjukkanlah kasih sayang pada anak, tetapi Anda juga harus bersikap tegas. Jika Anda menolak permintaan anak, dia harus belajar mengatasi kekecewaannya. Orang tua harus tetap tegas ketika memang tidak ada pilihan lain untuk didiskusikan.