Tips agar anak mau makan

5 Suggestions Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

Karies gigi merupakan masalah utama kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya gambaran karies gigi ditinjau dari cara memelihara kesehatan gigi dan mulut pada anak Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan metode survei. Populasi berjumlah 200 anak dengan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling didapat sampel sebanyak 135 anak kelas II – V pada bulan Maret 2019. Kesimpulan didapat bahwa pada anak Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah 3 Palembang Tahun 2019 rata-rata karies gigi dengan cara memelihara kesehatan gigi dengan kriteria kurang baik. Saat bayi mulai tumbuh gigi, ini adalah saat untuk membersihkan gigi si kecil.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan pada gigi, sehingga tak perlu mengunjungi dokter terkait imbauan untuk tetap #dirumahaja. Melakukan pemeriksaan gigi secara berkala ke dokter gigi sangat dianjurkan sebagai pencegahan masalah gigi dan mulut. Namun di masa pandemi seperti sekarang, keluar rumah bisa sangat berisiko, termasuk ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Klinik atau Rumah Sakit. Konsultasi langsung disarankan untuk ditunda, namun masyarakat tetap dapat berkonsultasi dengan dokter gigi melalui telemedicine atau secara online. Selama masa pandemi ini, ada baiknya menunda berkunjung ke dokter gigi atau fasilitas kesehatan kecuali dalam keadaan terdesak atau darurat. Badan Kesehatan Dunia pun menghimbau untuk menunda perawatan gigi jika tidak benar-benar darurat.

Sayangnya, anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang karena enamel pada gigi susunya lebih lemah daripada enamel pada gigi orang dewasa. Ditambah, kesadaran anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya masih rendah, sehingga risiko anak mengalami gigi berlubang pun tinggi. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui berbagai penyebab gigi berlubang dan apa yang bisa Anda lakukan untuk melindungi gigi anak Anda.

Kegiatan menggosok gigi sebelum tidur juga dapat membantu anak-anak tidur lebih baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kinerja si Kecil saat di sekolah. Jika si Kecil melakukannya, jangan lupa berikan penghargaan kepada mereka baik berupa pujian maupun hadiah kecil. Biarkan dia bertanggung jawab untuk menyikat gigi secara teratur dua kali sehari. Sekitar usia 2,5 tahun, mulai lakukanflossingatau membersihkan gigi dengan benang diantara gigi yang bersentuhan.

Tak hanya itu, membiasakan si kecil untuk merawat gigi sulungnya sejak dini akan melatih kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta kebersihan rongga mulut. “Ada beberapa risiko yang dapat terjadi jika gigi susu tidak dirawat sejak dini, misalnya risiko gigi berlubang atau risiko infeksi,” ujar Chairunas. Guna menghindari kerusakan gigi anak dengan melakukan pemeriksaan berkala enam bulan sekali dan membersihkan gigi dilakukan sebelum anak tidur malam dan setelah makan pagi maupun siang. Terkadang banyak orang tua yang kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak hanya kerena mereka masih memiliki gigi susu yang cepat atau lambat akan lepas. Dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi, Anda berjasa memperkecil risiko gigi anak Anda terinfeksi. Hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah rajin membersihkan gigi setiap hari.

Gunakan pula sikat gigi berbulu ekstra lembut dengan sedikit pasta gigi berfluorida untuk bayi saat dua gigi pertama mereka tumbuh. Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras. Moms, biasakanlah Si Kecil untuk selalu menyikat gigi mereka setidaknya sebanyak dua kali dalam sehari. Kebiasaan ini bisa dilakukan ketika pagi dalam malam hari sebelum Si Kecil tidur.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Cara ini diharapkan mampu membangun kebiasaan gosok gigi rutin dua kali sehari, selama dua menit. Saat ini, sikat gigi untuk anak-anak sudah didesain khusus dengan tokoh kartun, karakter superhero, dan warna-warna cerah yang menarik. Saat membeli sikat gigi, biarkan mereka memilih sendiri mannequin sikat dan pasta gigi yang disukainya. Ditambah lagi, mereka cenderung belum mampu memperkirakan durasi 2 menit itu selama apa. Anda dapat mengakalinya dengan memutar lagu kesukaannya saat menggosok gigi.