Tips agar anak mau makan

Kesalahan Paling Sering Dilakukan Ortu Saat Bicara Pada Anak

Jika anak dengan gangguan spektrum autisme menginginkan sesuatu, ia cenderung tidak menyebutkannya. Ia lebih sering menggerakkan tangan pengasuhnya untuk mengambil barang tersebut. Pada usia 12 bulan, anak belum mampu berceloteh, menunjuk mainan atau makanan dengan satu jari, belum mampu melakukan gerakan yang bertujuan, misalnya menggapai mainan. Pada usia 18 bulan, anak belum mampu mengucapkan kata bermakna atau anak hanya bergumam atau berceloteh.

Kebanyakan orangtua sering menasehati anak agar berperilaku positif dan bisa membanggakan keluarga. Namun, terlalu banyak bicara kepada anak ternyata tidak efektif. Anak-anak mungkin hanya mendengar perkataan Anda sepintas seperti angin. Kedekatan hati antara anak dan orang tua akan membuat anak lebih memiliki kesadaran untuk melaksanakan apa yang diminta oleh orang tua.

Mempertimbangkan berbagai cara mendidik anak sesuai dengan wataknya memang tidak mudah. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu berharap segera memperoleh hasil yang instan. Pasalnya, membangun proses komunikasi yang baik merupakan suatu proses yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Cara mendidik anak lainnya yang tak kalah penting agar mau menuruti perkataan orangtua yakni dengan memberikan instruksi yang tegas padanya, namun tetap hangat. Hindari nada suara tinggi seperti berteriak-teriak sehingga anak lebih nyaman untuk menaati arahan dan bimbingan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika masih balita, orang tua bak sahabat nomor satu anak. Bahkan mereka akan berpura-pura tidak mendengar saat orang tua memanggil namanya. Masa remaja masih belum dapat lepas dari masa awal anak-anak tetapi belum sampai tahap awal dewasa. Berdasarkan usia, para remaja biasanya berusia pada rentang tahun.

Apakah kami sebagai orangtua bisa meminta bantuan polisi untuk memaksa anak saya pulang? Ketika anak merasa cemas karena bentakan-bentakan yang diterimanya, kemampuan dan kemauannya untuk mencoba hal-hal baru akan meredup. Sebagai orang dewasa, penting bagi kita untuk berurusan dengan hal-hal yang kita alami sebagai anak-anak dan menempatkannya dalam sebuah konteks, ujarnya. Corinna yang berusia sembilan tahun mengatakan dia tidak pernah menyalahkan diri sendiri atas perpisahan orang tuanya. “Jika Anda tidak berkomunikasi dengan anak-anak Anda,” kata Wypych, “mereka dibiarkan sendiri dengan perasaan mereka dan mencoba untuk memahami hal itu sendiri.” Berkomunikasi dengan si kecil yang baru lahir dapat dilakukan lewat suara atau sentuhan.

Perhatikan setiap respon yang diberikan anak meski hal tersebut sangat kecil, dan berikan pujian. Menurut penelitian otak anak akan berkembang baik dari setiap pujian yang diberikan orang tua dan sebaliknya sel syaraf anak mengalami kematian setiap anak dimarahi atau merasa tertekan. Mengarahkan dan mendikte anak bagaimana harus menyelesaikan permasalahan. Hal ini dapat membuat anak kurang memiliki kemampuan untuk dapat mengontrol hal-hal yang terjadi dalam hidupnya. Selain itu juga membuat anak kurang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah, dimana hal ini sangatlah penting dimiliki anak.

Jadi hindari menunjukkan sikap buruk di depan anak dengan alasan apapun, seperti bertengkar, berkata kasar, ‘main tangan’, dan lainnya. Mengajar atau mengarahkan anak bukan dengan kata-kata kasar, melainkan tutur kata lemah lembut, penuh cinta, dan kasih sayang. Dengan begitu, sang anak akan mendengarkan dan menjalankan setiap arahan dari orangtuanya.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Biarkan anak tumbuh dalam lingkungan yang positif dan bisa mendukung proses belajarnya. Ketika menjalankan pola asuh anak, sebaiknya Moms dan Dads menerapkan disiplin positif kepada anak. Usahakan untuk selalu mengatakan hal yang positif pada anak untuk membantunya membentuk pola pemikiran yang lebih baik. Misalnya ketika si kecil mengalami tantrum, jangan balas kemarahannya dengan membentak dan menyalahkannya. Mengedepankan partisipasi anak anak sangat penting untuk menjamin seorang anak tumbuh dan berkembang secara optimum, baik dari segi fisik, psychological maupun sosial.

Berilah pengetahuan, bahwa orang tua merupakan seorang guru yang patut untuk dihormati, didengarkan pembicaraannya, dipatuhi perintahnya dan masukannya. Jangan sampai, karena Anda terlalu akrab dengan anak, membuat anak menjadi seenaknya dan menyamakannya dengan seorang teman. Karena, memanjakan anak akan membuatnya tumbuh menjadi seorang yang egois, dan tidak mandiri. Pasalnya, kebanyakan orang tua pasti akan menganggap bahwa anak hanya bisa menerima, dan orang tua harus memberi.