Tips agar anak mau makan

Ideas Untuk Orang Tua Hadapi Anak Yang Susah Nurut

Ketika anak remaja melakukan kesalahan, hindari melakukan kekerasan fisik maupun kekerasan emosional. Mendidik anak remaja yang keras kepala dengan kekerasan akan memperumit masalah. Contoh dari kekerasan fisik misalnya memukul, menendang, atau melakukan hal yang dapat melukai seseorang. Sementara kekerasan emosional biasanya dilakukan secara verbal.

Terapis ini pun merekomendasikan pasangan disfungsional yang memiliki anak untuk meminta nasihat dari para profesional terkait perpisahan. “Itu kesalahan terbesar ibuku. Dia membuat masalahnya dengan ayah juga menjadi masalah kami.” dr. Putu merupakan dokter spesial anak di RS Pondok Indah Bintaro Jaya dengan pengalaman kerja di bidang kedokteran hampir 20 tahun. Sebelumnya ia juga pernah melakukan praktek di beberapa klinik anak. Pendidikan sarjana dan magisternya ia tempuh di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. “Meskipun membebaskan anak untuk berpendapat, namun orangtua tetap harus memberikan pendampingan yang baik dan bisa mengarahkan anak dengan cara yang tepat,” katanya.

Pahami situasi dan keadaan, juga pertimbangkan suasana hati anak, untuk dapat mengetahui waktu yang tepat untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak. Kemudian, jangan langsung mengajak anak menirukan lagu tersebut. Karena semakin sering ia mendengarkan lagu, maka ia akan mulai menghafal.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Begitu pula dengan si kecil, ia juga ingin selalu didengarkan. Memang tidak mudah untuk menjaga emosi dan mengendalikan diri saat anak menunjukkan sikap abai atau cuek. Namun, kita pun perlu mengevaluasi diri juga sebelum menyalahkan anak.

Menurut Adele, memberikan opsi pada Si Kecil bisa mengatasi hal ini. Alih-alih merasa bersalah, anak cenderung akan menjadi keras kepala. Tapi jika Anda melibatkannya dalam menentukan keputusan, ia akan melakukan hal-hal yang bisa Anda terima,” kata Adele. Sebagai orangtua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak.

Orangtua bisa mengajak anak untuk pergi berwisata sekaligus mengenalkan hal yang baru pada anak. Mengajari bagaimana cara bertata krama dengan sesama, bagaimana cara bertoleransi, dan bagaimana cara indahnya berbagi dengan sesama temannya. Jika membiasakan anak untuk berbuat baik, maka akan tumbuh pribadi bijak dan baik dalam diri anak.