lip

Efek Samping Bila Balita Terlalu Sering Minum Kopi

Lebih jauh lagi, ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan otak. Jadi kalau memungkinkan, usahakan untuk nggak meminum kopi sebelum waktu tidurmu, Bela. Madiunpos.com, MADIUN – Bagi pencinta kopi, kebiasaan minum kopi di pagi hari memanglah sangat nikmat.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Bahkan bagi mereka yang sudah kecanduan kopi, segelas saja rasanya kurang cukup. Ya, setidaknya dua atau tiga gelas sekaligus mampu membuat tubuh terjaga hingga pekerjaan terselesaikan. Saat kopi diminum, perut akan memproduksi hormon yang dapat mempercepat aktivitas di usus. Sebuah penelitian dari The University of Nevada School of Medicine mengungkapkan bahwa kafein bisa mengurangi peluang seorang wanita untuk bisa hamil sekitar 27%. Untuk memaksimalkan manfaat kafein pada energi tubuh dan menghindari kelelahan, konsumsilah kafein dalam dosis yang secukupnya. Kafein dapat merangsang pergerakan usus dengan meningkatkan peristaltik .

Oleh karena itu, kamu yang memiliki masalah tekanan darah dan jantung, tidak dianjurkan untuk meminum kopi. Hal ini dapat terjadi karena setelah konsumsi kafein, jantung memiliki kecenderungan untuk menghasilkan kontraksi yang kuat. Oleh karena itu, orang yang menderita penyakit jantung koroner atau penyempitan pembuluh darah tidak dianjurkan minum kopi secara berlebih. Jika masih ingin meminum kopi, sebaiknya tidak lebih dari satu gelas per hari dengan jenis kopi yang tidak terlalu keras. Mengonsumsi kopi di pagi hari bisa membuat perut kontraksi, sehingga hormon yang diproduksi lambung mempercepat aktivitas di usus besar.

Terlepas dari itu, jika Anda merasa ada perubahan dalam denyut jantung atau ritme setelah mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, sebaiknya pertimbangkan untuk mengurangi asupan harian. Selain gangguan pada jantung, ternyata meminum kopi secara berlebihan juga dapat mempengaruhi kesehatan lambung. Kafein yang terdapat pada kopi dapat memicu naiknya asam lambung. Kamu juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi pada pagi hari pada saat perut kosong karena dapat menyebabkan sakit perut hingga gangguan pencernaan lainnya. Bagi para wanita yang sedang hamil, mengonsumsi terlalu banyak kopi atau teh tentu akan memengaruhi kesehatan janin yang dikandung.

Pada saat yang sama, zat tersebut memicu pelepasan adrenalin, yakni hormon yang terkait dengan peningkatan energi. Kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya dikenal dapat meningkatkan tingkat energi. Namun di sisi lain, mereka juga dapat memiliki efek sebaliknya. Tubuh dapat merasa lelah ketika efek kafein dari minuman-minuman tersebut Tembak Ikan Terpercaya hilang dari sistem tubuh Anda. Ini tentu adalah dosis kafein yang besar untuk dikonsumsi dalam waktu singkat, terutama bagi seseorang yang tidak terbiasa atau sangat peka terhadap efeknya. Namun, sekalipun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari juga bisa mendatangkan efek samping yang bahaya bagi tubuh.